Mengenal Ragam Jenis Lensa Kacamata

Jenis-Jenis Lensa Kacamata. Buat Anda yang mau memakai kacamata, yang pasti mesti tahu jenis lensa seperti apa yang pas
Jenis-Jenis Lensa Kacamata. Buat Anda yang mau memakai kacamata, yang pasti mesti tahu jenis lensa seperti apa yang pas untuk kesibukan keseharian. Juga sebagai rekomendasi, simak beberapa jenis lensa kacamata berdasar pada fungsinya di bawah ini. 

Jenis Lensa Kacamata Lensa Tunggal (Single Vision Lens) 

Kacamata Lensa Tunggal
Kacamata Lensa Tunggal 

  Jenis lensa kacamata yang cuma mempunyai satu ukuran saja dengan satu titik konsentrasi. Lensa ini umum dipakai oleh seorang yang mempunyai kelainan mata, seperti myopia (rabun jauh atau minus), hipermetropia (rabun dekat atau plus), serta astigmatisma (lihat benda dengan berbayang atau silinder). Disebutkan single vision lantaran daya guna jenis lensa kacamata ini untuk satu ukuran, jarak jauh atau dekat saja. 

Jenis Lensa Kacamata Lensa Bifokal (Bifocal Lens) 

Kacamata Lensa Bifokal
Kacamata Lensa Bifokal

Jenis lensa kacamata bifokal mempunyai 2 titik konsentrasi yang dipakai untuk penuhi keperluan mata presbiopia (mata tua). Manfaatnya untuk lihat jauh sekalian dekat dengan 1 lensa. Satu titik terdapat di bagian bawah umum dipakai untuk kegiatan membaca atau pandangan jarak dekat. Sedang lensa sisi atas pada jenis lensa kacamata seperti ini digunakan untuk lihat jarak jauh.
 

Jenis Lensa Kacamata Lensa Progresif (Progressive Lens) 

Kacamata Lensa Progresif
Kacamata Lensa Progresif

Jenis lensa kacamata ini dapat mempunyai 2 titik konsentrasi, Pembedanya cuma terdapat pada lensanya yg tidak mempunyai jarak atau garis pembatas pada konsentrasi untuk lihat jauh dengan konsentrasi untuk lihat dekat. Jenis lensa kacamata ini dapat membuahkan pojok pandang jarak tengah hingga menaikkan kenyamanan penggunanya. 

Jenis Lensa Kacamata Lensa Transition (Transitions Lens) 

Kacamata Lensa Transition
Kacamata Lensa Transition


Jenis lensa kacamata dimana permukaannya seperti pelangi yang dapat beralih warna lantaran cahaya yang terbias, lensa ini dapat dapat beralih warna. Bila didalam ruang bakal bening seperti kacamata baca. Demikian sebaliknya terlebih terserang cahaya matahari yang cerah, warnanya bakal beralih jadi gelap seperti sunglasses hingga memberi perlindungan mata dari cahaya ultraviolet. Jenis lensa kacamata seperti ini cocok untuk Anda yang kerap beraktifitas diluar serta didalam ruang dan yang memiliki mata sensitive.

Demikian pengetahuan tentang kacamata mengenai Mengenal Ragam Jenis Lensa Kacamata. Semoga dengan kita membaca artikel Mengenal Ragam Jenis Lensa Kacamata, maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia perkacamataan. Publisher tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Sumber referensi dan photo credit:
optikmelawai.com
ajat-kacamata.blogspot.com, grosir-kacamata.com, galaxyoptic.com